Beranda » Resensi Buku » Resensi Buku “Agama”

Resensi Buku “Agama”

P_20170509_140848.jpg

 

  1. Identitas Buku
    1. Judul Buku : Agama
    2. Nama Pengarang : Dr. Sudarno Shobron, M.Ag. DKK
    3. Nama Penerbit : Lembaga Pengembangan Al – Islam dan Kemuhammadiyahan (LPIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta
    4. Ketebalan Buku : 176 halaman
    5. Tahun Terbit : Juli 2015
  1. Pendahuluan

Buku “Agama” ini hadir sebagai salah satu usaha LPIK – UMS di dalam mewujudkan pandangan hidup yang berpangkal pada tauhid. Yang mana implikasi pokok tauhid ialah pemusatan kesucian hanya kepada Allah SWT.

  1. Ikhtisar Buku

Aqidah secara bahasa artinya simpul, kokoh, ikatan, dan perjanjian. Menurut istilah aqidah adalah sejumlah kebenaran yang secara fitrah dapat diterima secara umum dan tidak akan bercampur sedikitpun dengan keraguan serta dapat mendatangkan ketentraman jiwa.

Tauhid berarti mengakui keesaan Allah, kalimat tauhid akan memiliki makna yang utuh apabila difahami dengan 7 syarat, yakni al – ‘ilm, al – yaqin, al – qobul, al – inqiyad, al – shidqu, dan mahabbah. Esensi tauhid terdapat dalam kalimat “ la ilaha illa Allah”.

Rukun iman ada enam harus dapat dijadikan pedoman dan tumpuan dalam berpikir, bertindak, dan berbuat sesuatu. Iman memiliki fungsi dan hikmah yang besar bagi kehidupan, misalnya melenyapkan ketergantungan kepada benda, semangat manghadapi kematian, kemandirian, hidupnya terarah ke nilai- nilai yang baik, melahirkan sikap ikhlas, dan memberikan keuntungan dunia akhirat.

Sedangkan akhlak secara bahasa adalah adat kebiasaan, tabiat, budi pekerti, kejantanan. Secara istilah adalah perbuatan manusia yang lahir tanpa dipikirkan dan dipertimbangkan, bernilai baik atau buruk. Akhlak merupakan bentuk eksternalisasi iman yang jelas kelihatan. Ukuran perbuatan baik buruk antara akhlak, moral, dan etika terletak pada tolak ukurnya. Akhlak ukurannya al Quran, al Sunnah, dan hati nurani, moral ukurannya kesepakatan masyarakat, dan etika ukurannya akal. Ruang lingkup akhlak sangatlah luas, karena menyangkut semua segi kehidupan manusia, missal akhlak kepada Allah, manusia, keluarga, masyarakat, dan alam semesta.

  1. Kelebihan Buku
  • Penjelasannya sangat rinci
  • Terdapat kesimpulan dari setiap BAB, sehingga memudahkan pembaca untuk me-refresh materi
  • Terdapat daftar pustaka dari setiap BAB, sehingga memudahkan pembaca untuk mencari referensi dari sumber lain
  1. Kekurangan Buku
  • Ada beberapa kata yang sulit dimengerti
  • Kurang menarik untuk dibaca karena kertas yang digunakan kertas buram
  • Tidak terdapat indeks
  1. Pendapat Penulis

Buku ini sangatlah bagus untuk dipelajari, memuat persoalan – persoalan yang sangat mendasar dalam kehidupan keagamaan, yakni tentang aqidah, yang menyangkut hubungan manusia dengan Allah dan implikasinya dalam kehidupan sehari – hari. Buku ini juga membahas tentang akhlak sebagai manifestasi pemahaman manusia yang bertauhid.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Text Widget

This is a text widget, which allows you to add text or HTML to your sidebar. You can use them to display text, links, images, HTML, or a combination of these. Edit them in the Widget section of the Customizer.
%d blogger menyukai ini: