Beranda » Wawasan Kebangsaan » Bangsa dan Bhinneka?

Bangsa dan Bhinneka?

Image result for keanekaragaman bangsa indo

Pada bagian bawah  Garuda Pancasila, terdapat pita putih yang dicengkram , yang bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika” yang ditulis dengan huruf latin, yang merupakan  semboyan Negara Indonesia, yang ditemukan dalam kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular pada abad XIV, seorang pujangga dari kerajaan Majapahit. Secara harfiah Bhinneka artinya (Beragam), Tunggal (Satu), Ika (Itu). Artinya  “ Walaupun Berbeda beda tetapi tetap satu jua”. Maksud semboyan tersebut menggambarkan persatuan dan kesatuan Nusa dan Bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai pulau, ras, suku, bangsa, adat, kebudayaan, bahasa, serta agama.

Keanekaragaman sudah menjadi hal yang lumrah di mata Indonesia. Contoh saja dalam keberagaman agama yang saling memberi toleransi dengan segala kayakinan dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mereka saling hormat menghormati satu sama lain. Seperti di dusun Ceto Kecamatan Jenawi Kabupaten Karangannyar, di dusun ini terdiri dari 3 keyakinan yang berbeda, tapi masyarakat saling menghormati satu dengan yang lainnya. Ketika ada upacara adat umat Hindu, seperti Nyepi missal, umat Muslim dan Kristiani menghormati dengan memberi suasana mati dilingkungan. Maksunya tidak ada kesibukan aktivitas seperti biasa. Dengan tidak menghidupka api/lampu, tidak bekerja, tidak berpergian, dan tidak mendengarkan hiburan. Sejatinya masyarakat non Hindu tetap beraktivitas seperti biasa namun hanya mengurangi kadar aktivitas seperti biasa.

Nah, dari sini kita belajar, bahwa perbedaan itu yang harus kita pertahankan agar tetap terjaga persatuannya. Keanekaragaman itu harusnya menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang pantas untuk dipertahankan dan sebagai alat pemersatu bangsa. Dewasa ini banyak konflik yang bermunculan karena perbedaan yang berhias keeogoisan semata. Semboyan “Bhineka Tunggal Ika” kini telah luntur dari peradapan bangsa. “Berbeda – beda tetapi tetap satu jua” hanya menjadi sebuah arti yang fana. Pada kenyataannya perbedaan – perbedaan itu malah menjadi pemicu konflik. Bukannya bersatu malah terpecah belah membentuk kubu – kubu yang saling berperang.

Lalu kemana arti semboyan “Bhineka Tunggal Ika” selama ini? Mengingat Indonesia yang dikenal sebagai negara yang cinta damai, kaya akan budaya dan segala keanekaragamannya, harusnya Indonesia memegang teguh semboyan tersebut.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Text Widget

This is a text widget, which allows you to add text or HTML to your sidebar. You can use them to display text, links, images, HTML, or a combination of these. Edit them in the Widget section of the Customizer.
%d blogger menyukai ini: